Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Iklan Semua Halaman

Tips Aman Membeli Kue Lebaran

Image : Uzni Gumbira/kaltim.berita24.com kaltim.berita24.com -Bulan Suci ramadan 1440 hijriyah telah dilalui separuh lebih perjalanann...

Image : Uzni Gumbira/kaltim.berita24.com

kaltim.berita24.com-Bulan Suci ramadan 1440 hijriyah telah dilalui separuh lebih perjalanannya. Semangat beribadah, menjaga kekhusyuan dan lainnya masih terlihat dengan kentara. Disisi lain masyarakat juga tidak kalah semangatnya bergeser ke mall dan pasar tradisional. Lebaran yang semakin mendekat menjadikan tempat parkir tak lagi mampu menampung animo masyarakat yang berbelanja.

Lebaran mengingatkan tradisi baik masyarakat di Indonesia, saling berkunjung bersilaturahmi, saling memberikan maaf.  Penyambutan dilakukan si empu rumah, dengan sajian makanan dan minuman yang istimewa. Disatu sisi niat baik menyajikan makanan kadang tidak dibarengi dengan kehati-hatian memilih makanan yang dibeli. Masyarakat perlu diingatkan tentang hal ini.
Image : Uzni Gumbira/kaltim.berita24.com
Sunarti MPH, Kaprodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur memberikan tips sederhana dalam memilih dan membeli makanan berupa kue untuk sajian hari lebaran. "Pertama, Pilihlah makanan atau kue yang ada tanggal kadaluarsanya. Kelayakan makanan atau kue dengan batas waktu tertentu ditandai dengan masa kadaluarsa. Kedua, Pilih makanan atau kue dengan warna tidak mencolok. Sebaiknya memilih warna-warna yang soft yang kemungkinan bisa berasal dari pewarna alami atau pewarna khusus makanan. Ketiga, Kemasan dalam bentuk kue masih bagus, tidak hambur dalam toples. Dalam hal ini bisa dicermati kemasannya utuh, tidak rusak, tidak berlubang, tidak kotor dan berubah warna.  Keempat, Pastikan makanan atau kue tidak berbau sebagaimana makanan basi."

Lanjutnya, "ketika memesan pada tempat usaha atau rumah tangga yang terpercaya, disamping pastinya dapat memastikan kuenya baru juga ikut serta memberdayakan usaha ekonomi kecil, usaha produktif berskala rumah tangga."

Maka datangnya lebaran dalam rangka  menghormati dan memuliakan tamu yang berdatangan tersaji makanan yang aman.



Kontributoor : Uzni Gumbira

Iklan Halaman Depan